Saksikan! Pulau Bintan dalam Festival Maritim Jong dan Kontes Bintan Regatta 2024

Harjo Selasa, 26-03-2024 | 12:44 WIB Event
perahu-jong.jpg Festival Jong di Pantai Lagoi Bay, Kawasan Wisata Bintan Resorts di Kepulauan Riau. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Keindahan maritim Pulau Bintan, akan menjadi tuan rumah dalam edisi kedua Kontes Bintan Regatta 2024, yang juga menyuguhkan Festival Jong sebagai atraksi tontonan menarik di Pantai Lagoi Bay, Kawasan Wisata Bintan Resorts di Kepulauan Riau.

Chief Operating Officer (COO) Bintan Resorts, Abdul Wahab, menyampaikan acara yang direncanakan berlangsung pada 29 - 31 Maret 2024 medantang, akan menawarkan pengalaman maritim yang menakjubkan bagi peserta dan pengunjung.

"Perahu layar akan bersaing sengit untuk meraih posisi podium tiga teratas dalam kategori Keelboat, IRC, Keelboat PY, dan Multihull," kata Abdul Wahab, Selasa (26/3/2024).

Di mana pada tahun pertama, Kontes Bintan Regatta dipindahkan ke Changi Sailing Club, Singapura, karena cuaca buruk. Namun, tahun ini, dengan perkiraan cuaca yang lebih baik, para peserta dari anggota Sailing Club Singapura diharapkan dapat bersaing di perairan wisata internasional ini.

Dijelaskannya, kolaborasi antara Bintan Resorts dan Changi Sailing Club menarik minat bagi pecinta olahraga perahu layar. Dengan musim angin ideal di bulan Maret di Utara Pulau Bintan, peserta dapat menikmati pelayaran menantang di bawah sinar matahari tropis.

Pada akhir pekan ini, perahu-perahu layar dari berbagai negara, termasuk Singapura, akan berkompetisi di Utara Pulau Bintan. Mereka tiba pada Jumat (29/3/2024) di Marina dekat Pelabuhan Feri Bandar Bentan Telani, Bintan Resorts, untuk mempersiapkan diri. Pertandingan akan dimulai pada pukul 11.00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu, dengan perkiraan berakhir pukul 15.00-16.00 WIB.

Setelah menyelesaikan kontes mereka mengarungi ombak dan angin, peserta akan menikmati jamuan makan malam bertemakan Sailor's Night di Tidal Bar, Lagoi Bay, pada hari pertama. Acara tersebut akan dimeriahkan dengan tarian tradisional, memperkaya pengalaman berwisata para pelayar di Pulau Bintan.

Delapan perahu dengan total 28 awak akan bersaing dalam perlombaan epik, dimulai dari titik kordinat yang telah ditentukan di depan perairan Hotel Kapal Doulos Phos, melewati Nirwana Gardens Resorts dan Banyan Tree Resorts di destinasi pariwisata utama Kepulauan Riau ini.

Nama-nama perahu ini, seperti Soluna, Kubilai Khan, Silhoutte, Grok This 2, Miss Visayan, Born in Fire, Birreguera, dan Remington, memberikan warna tersendiri pada perlombaan. Sementara dua perahu dari manajemen Changi Sailing Club masing-masing bertugas memandu perlombaan, dan sebuah perahu lagi sebagai perahu penyelamat akan memastikan keamanan di sepanjang jalur pertandingan.

Sebuah Festival Jong, diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, menjadi tambahan tontonan yang seru dalam pesta festival maritim ini di hari kedua atau Minggu (31/3/2024) pukul 14.00 WIB hingga selesai.

"Bintan Regatta akan terus berkembang, dengan harapan mengundang lebih banyak peserta internasional dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan pastinya Indonesia, untuk berpartisipasi dalam tahun-tahun mendatang," harap Abdul Wahab.

Dukungan penuh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan menambah semangat bagi pelaksanaan Bintan Regatta. "Festival Jong yang diadakan sejalan dengan kontes Bintan Regatta ini bertujuan untuk memperkenalkan tradisi lomba miniatur perahu layar khas masyarakat Melayu kepada pelayar internasional dan pengunjung di Bintan Resorts," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Arief Sumarsono.

Dengan demikian, Bintan Regatta 2024 tidak hanya menjadi ajang kompetisi yang memacu adrenaline, tetapi juga menjadi panggung untuk mempromosikan keindahan maritim dan budaya Bintan kepada dunia. Semoga acara ini terus memacu perkembangan pariwisata maritim di Pulau Bintan.

Editor: Gokli