Keindahan Pantai Selat Napau Lingga Butuh Sentuhan Tangan Pemerintah

Nurjali Sabtu, 01-04-2017 | 15:03 WIB Destinasi
pantai-napau3.jpg

Keindahan pantai Selat Napau, Desa Resang, Kabupaten Lingga, yang dipenuhi banyak remis (kerang kecil). Pantai nan indah ini memang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah. (Foto: Nurjali)


BATAMTODAY.COM, Singkep - Hamparan pasir putih di sepanjang pantai Selat Napau, Desa Resang, Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, ternyata tidak hanya memancarkan keindahan yang mempesona setiap pengunjungnya.

Hamparan pasir ini, juga menyimpan butiran-butiran kerang kecil yang disukai banyak warga. Kerang kecil ini dikenal warga setempat dengan sebutan remis.

Untuk mendapatkannya, menjadi kebiasaan yang unik bagi warga pesisir di wilayah Selatan Pulau Singkep, Kabupaten Lingga. Sambil menikmati indahnya pemandangan senja dan hangatnya air laut, warga memanfaatkan waktu luang di sore hari untuk mengumpulkan remis.

Warga pun beramai-ramai --bersama keluarga, mengayak pasir-pasir di pinggiran pantai baik dengan alat maupun dengan tangan kosong. "Kerang ini kami namakan remis. Bentuknya kecil tapi banyak yang suka mengkonsumsi ini," kata Adi, salah satu warga yang sedang mencari remis di pantai Selat Napau, Jumat (31/3/17) sore.

Pesona alam pantai dengan hamparan batu besar nan alami, menambah semangat warga Desa Resang untuk mencari remis. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga terlihat ramai sore itu. Sambil berendam di pantai dan bermain dengan ombak kecil, sesekali meraka mengais pasir mencari remis.

"Ada yang kami konsumsi sendiri, ada juga yang dijual kalau ada yang mau beli," kata salah satu anak yang terlihat sudah terbiasa mencari kerang halus itu.

Sepintas, terlihat sangat mudah untuk mendapatkan remis. Namun bagi yang tidak terbiasa dengan kegiatan ini, akan sangat sulit. Karena dibutuhkan keahlian khusus, harus piawai melihat pasir yang mengeluarkan buih halus. Itulah tempat remis bersembunyi.

"Caranya mengayak pasir pakai tangan atau alat, cari pasir yang ada matanya pasti ketemu," sebut salah satu anak yang sudah katam dengan tempat remis bersembunyi.

Remis dipercaya mengandung banyak protein dan selenium sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Bahkan sebagian besar masyarakat menyebut remis juga mampu menyembuhkan penyakit kuning. Masyarakat menjual remis ini per cantingnya bervariasi dari Rp5 ribu-Rp10 ribu.

Keindahan panorama Selat Napau tak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya di Pulau Singkep. Hanya saja, butuh sentuhan tangan yang maksimal dari Pemerintah Kabupaten Lingga --termasuk akses jalan dan promosi yang memadai, untuk menjadikan Pantai Napau sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Editor: Gokli