Festival Reog di Karimun Ditonton Ratusan Wisatawan

Nursali Senin, 27-03-2017 | 09:18 WIB Event
reog-01.gif

Festival Reog yang digelar pada Minggu (26/3/2017) malam di Coastal Area, Kabupaten Karimun. (Foto:Nursali)


BATAMTODAY.COM, Karimun - Festival Reog yang digelar pada Minggu (26/3/2017) malam di Coastal Area, Kabupaten Karimun sukses menyedot perhatian ratusan wisatawan. Selain menghibur, acara ini merupakan wujud nyata pemerintah dalam melestarikan seni budaya.

 

Kesenian asal pulau Jawa ini diikuti 7 peserta dan berbagai daerah di Provinsi Kepulauan Riau. Masing-masing group Reog menunjukkan kebolehannya yang sangat memukau para pengunjung.

Selain festival Reog, sebelumnya Kabupaten Karimun juga menggelar festival Barongsai. Kesenian asal negeri China itu juga dihelat di Coastal Area dan sukses menyedot perhatian para wisatawan serta warga yang ada di Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan festival Baronsai dan Reog diwacanakan menjadi agenda tahunan Pemkab Karimun bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepri. Setelah ditetapkan menjadi agenda tahunan, nantinya acara tersebut akan digelar dengan sangat meriah.

"Festival Barongsai dan reog ini akan dijadikan agenda tahunan Pemkab Karimun dalam rangka melestarikan budaya lokal, karena ini merupakan salah satu destinasi wisata di Kepri," katanya.

Dikatakan Aunur Rafiq, festival Barongsai nantinya menjadi even tahunan di Kabupaten Karimun, tetapi yang melaksanakan Pemprov Kepri. Sementara Festival Reog, Rafiq meminta agar menjadi kegiatan tahunan Kabupaten Karimun.

"Gubernur Kepri menyampaikan pernyataan setuju," ujarnya.

Festival Barongsai dan Reog, kata Bupati Karimun, secara tidak langsung dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya para pedagang kecil. Selain itu, acara itu juga akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Kepri, khususnya Karimun.

"Perhotelan dan jasa-jasa lainnya juga akan tumbuh bersama," kata dia.

Editor: Gokli