Pemkab Bintan Gelar Festival Tari Tradisional 18 Maret Mendatang

Habibi Khasim Kamis, 09-03-2017 | 10:52 WIB Event
sekapur-sirih.gif

Tari Sekapur Sirih.(Foto: bisniswisata.co.id)


BATAMTODAY.COM, Bintan - Bulan ini, 18 Maret 2017 Pemkab Bintan akan mengadakan Festival Tari Tradisional di Lapangan Relief Antam, Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim). Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah menjaga khazanah adat dan budaya Melayu.

Bagi anda pecinta seni tari tak ada salahnya untuk menyaksikan langsung festival tersebut. Selain tarian, anda juga dapat belajar tenatang budaya khas Melayu yang mempunyai nilai tinggi.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Bintan, Makhfur Zurachman, mengatakan festival yang menjadi agenda tahunan Pemkab Bintan itu akan dilakukan seharian penuh dari siang sampai malam hari. Masing-masing peserta dari sanggar tari perwakilan 10 Kecamatan se-Bintan akan unjuk kebolehan di atas panggung.

"Jadi targetnya ada 20 sanggar tari dari setiap kecamatan yang ikut dalam perhelatan ini, diharapkan lebih," Makhfur, Rabu (8/3/2017).

Makhfur pun menyinggung , festival tarian bisa dimanfaatkan sebagai daya tarik utama untuk menyumbang kunjungan wisatawan mancanegara. Karena dengan menyuguhkan tarian asli daerah, wisatawan akan terhibur sekaligus mengetahui keanekaraagaman kebudayaan di sini.

"Tujuan utamanya adalah menjaga khazanah Melayu. Sebab dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, kebudayaan asli daerah semakin pupus. Bahkan generasi muda juga sudah tidak peduli pentingnya melestarikan semua peninggalan khazanah tersebut," ungkap Makhfur.

Editor: Gokli