Genjot Ekonomi Wisata, Kadin Batam akan Gelar Dialog Pariwisata

Irwan Hirzal Kamis, 09-03-2017 | 08:24 WIB Event
ocarina2.jpg

Inilah salah satu daerah tujuan wisata di Kota Batam, Ocarina. (Foto: Ist)


BATAMTODAY.COM, Batam - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) dan Dialog Ekonomi Pariwisata, Jumat (17/3/2017) mendatang di Grand Ballroom Azure Sahid Hotel Batam Centre.

Demikian ungkap Ketua Kadin Kota Batam, Jadi Rajagukguk kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (9/3/2017). "Di awal tahun 2017 lalu, Kadin Batam sudah menetapakan 2017 sebagai tahun pariwisata, dalam arti bahwa di Batam sektor pariwisata memiliki kekuatan yang besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Sayangnya, selama ini kurang serius untuk dikembangkan, selain sektor industri manufaktur, shipyard/galangan kapal, perdagangan, jasa dan IT," tutur Jadi Rajagukguk.

Rapim Kadin Kota Batam itu digelar dalam rangka menjalankan amanah Undang-Undang Nomor : 1 Tahun 1987 tentang Kadin dan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Adapun agenda dan tujuan dari Rapim ini adalah, dalam rangka mengevaluasi dan menetapkan sasaran program kerja tahunan.

Adapaun tema Rapim Kadin Kota Batam itu adalah, "Meningkatkan peran Kadin Batam sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi Batam".

Bersamaan dengan itu, digelar juga Dialog Ekonomi Pariwisata, dengan tema, "Pariwisata sebagai lokomotif penggerak pertumbuhan ekonomi" yang menghadirkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, Ketua Umum BPP PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran) Hariyadi Sukamdani dan Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didin Djunaidi.

Batam yang merupakan penyumbang kunjungan wisman nomor tiga setelah jakarta dan bali, diharapkan dapat membantu target 15 jura Kementerian Pariwisata tahun 2017, caranya dengan membangun dan memperbaiki fasilitas dan infrastruktur, pengembangan objek wisata, perbaikan transportasi, deregulasi diberbagai bidang, peningkatan sumberdaya manusia dan memberikan insentif bagi pelaku usaha yang membawa turis masuk ke Batam baik melalui kegiatan event-event maupun tour.

Hasil dari Rapim Kadim dan Dialog Ekonomi Pariwisata tersebut akan direkomendasikan kepada Pemerintah Kota Batam dan BP Batam dalam menjalankan program kerja tahun 2017.

Rapim Kadin Kota Batam tahun 2017 dan Dialog Ekonomi Pariwisata tersebut akan dibuka secara resmi oleh Walikota Batam H. Muhammad Rudi dan para perangkat SKPD Pemerintah Kota Batam, Kepala dan Deputi BP Batam, Forum FKPD Kota Batam, para anggota Kadin Kota Batam, para pengurus dan anggota asosiasi/himpunan/organisasi dunia usaha, pelaku usaha, profesional/ekonom, akademisi, mahasiswa, serta media cetak dan elektronik baik lokal dan nasional.

Editor: Dardani