Surga Senja Hari di Pantai Sunset Pane

Nurjali Rabu, 01-03-2017 | 12:30 WIB Destinasi
Pantai-sunset2.jpg

Salah satu sudut dari Pantai Sunset Pane di Desa Sungai buluh Kecamatan Singkep Barat. (Foto: Nurjali)


TAK ada bakso yang lebih nikmat, dari bakso tamban yang disantap sambil menikmati surga senja hari, sunset, di Pantai Sunset Pane. Tentu saja, ditingkahi hembusan angin yang mengirim ombak hingga bibir pantai. Di mana itu? Berikut catatan wartawan BATAMTODAY.COM, Nurjali, tentang keindahan sunset di Singkep Barat itu.

Senja sore hari masih bergelayut di ujung cakrawala. Sinar matahari masih lagi terang. Namun, mulai berdatangan beberapa orang menuju bibir Pantai Sunset Pane. Di mana itu? Surga yang indah di sore hari itu ternyata ada di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga.

Memang, belum banyak yang tahu tempat wisata ini. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari pusat kota Desa Sungai Buluh. Apalagi, surga senja hari ini dibuka secara "tidak sengaja". Tempat ini ditemukan dan dibuka atas inisiatif anak-anak KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kebangsaan, akhir 2016 lalu.

Seorang pengurus dan juga pengelola Pantai Sunset Pane, Syafrizal, mengatakan, meski baru dibuka di awal tahun 2016, namun antusias masyarakat untuk membuat kegiatan dan berwisata di pantai ini sangat bagus. Bahkan, beberapa kegiatan pemerintah maupun masyarakat banyak yang di gelar di pantai ini.

"Tadi pagi ada kegiatan anak-anak PAUD, beberapa waktu yang lalu ada juga kegiatan kecamatan, bahkan beberapa petinggi di pemerintah juga banyak yang kemari," ujarnya.

Meskipun banyak dikunjungi oleh masyarakat dan menjadi tempat favorit baru bagi wisatawan lokal di Singkep Barat. Pihak pengelola tidak memungut biaya bagi para pengunjung yang datang, pihak pengurus hanya menyiapkan kotak sumbangan bagi para pengunjung yang ingin menyumbang untuk pengelolaan pantai ini.

"Tidak ada tarif, meskipun beberapa bangunan kita bangun melalui Desa dan swadaya, jadi pengunjung yang ingin menyumbang kita siapkan kotak untuk sumbangan seperti kotak amal," ujarnya.

Suasana pantai sunset ini tidak saja merasakan suasana pantai seperti tempat wisata lain. Namun lokasi ini kita dapat merasakan suasana perkampungan desa yang damai. Masyarakat yang ramah serta rumah-rumah penduduk yang terlihat di lokasi ini, bagi yang ingin berendam di air laut lokasi pantai ini juga menyediakan beberapa venue sederhana.

Bahkan di lokasi ini kita juga akan diberikan fasilitas berjemur dan gazebo-gazebo untuk melepas lelah.

Jarak tempuh dari pelabuhan jagoh sendiri tidak terlalu jauh hanya beberapa kilometer menempuh jalan raya kita akan menemukan papan plank yang bertuliskan tempat wisata Pantai Sunset Kampung Pane.

Jika kita memulai perjalanan dari Kota Dabo kita juga akan menempuh jalan darat sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan. Kita tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju ke lokasi pantai ini sudah cukup baik dan sudah beraspal.

Jadi, nunggu apa lagi? Mari nikmati bakso tamban atau sekadar mie instant sambil menangkap "pesan cinta" dari Sang Maha Kuasa melaui surga senja hari, sunset di Pantai Sunset Kampung Pane. Jom!!!

Editor: Dardani