Rio Haryanto di Garis Utama Bintan Triathlon 2017 dengan Nomor BIB 1146

Harjo Jum\'at, 19-05-2017 | 16:50 WIB Event
Rio-Haryanto-di-Bintan.gif Rio Haryanto mendapat nomor BIB 1146 dalam Event Bintan Triathlon 2017 (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Event Bintan Triathlon 2017 akan berlangsung selama tiga hari, Jumat (19/5) - Minggu (21/5). Diperkirakan lebih dari 2.000 wisatawan akan berkunjung ke Pulau Bintan untuk berpartisipasi dalam event internasional terkemuka di Asia ini.

Untuk tahun ini, ivent Bintan Triatlon kategori Olympic Distance akan diramaikan oleh pembalap F1 Rio Haryanto, yang tercatat sebagai peserta yang berada pada garis terdepan. Kehadiran Rio Hayanto segaligus menambah jumlah peserta dari dalam negeri yang mengikuti event ini.

"Saya adalah penggemar triathlon. Latihan triathlon menantang secara fisik, sehingga membuat saya lebih kuat secara mental dan menguji kekuatan saya," ujar Rio usai pencabutan nomor BIB di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Jumat (19/5/2017).

Ketika ditanya mengapa ia memilih Bintan Triathlon sebagai triathlon pertamanya, Rio dengan nomor BIB 1146 pada event ini menyampaikan, karena ini adalah kesempatan pertamanya, sehingga ia harus terlibat dalam lomba Bintan Triathlon.

"Ini adalah latihan yang sangat menantang terutama dalam berenang dan bersepeda," ujarnya

Luki Prawira, Kepala Dinas Pariwisata Bintan, menjelaskan, perlombaan akan selenggarakan pada Sabtu (20/5/2017) pagi. Dimulai dengan Sprint Distance, di mana para atlet bersaing untuk berenang sejauh 750 m, bersepeda sejauh 20 km, kemudian lari berjarak 5 km.

Sedangkan peserta katagori Olympic Distance akan menjalani rute dua kali dari peserta Sprint Distance yang diadakan sore harinya. Salah satu rintangan pesepeda yang harus ditaklukan adalah perbukitan. Namun kendala utamanya adalah panas dan kelembaban yang tinggi di daerah utara khatulistiwa.

Agar event ini semakin inklusif, pihak penyelenggara MetaSport meninjau ulang format perlombaan berenang dari kategori The Olympic Distance. Di garis start, peserta akan terbagi dua kelompok yaitu Competitive Wave atau Friendly Wave.

Peserta yang dapat menyelesaikan renang berjarak 1,5 km dalam waktu kurang dari 35 menit dapat bergabung dengan "Competitive Wave" dan peserta yang melebihi dari waktu tersebut dapat bergabung dengan "Friendly Wave".

Event yang berlangsung selama tiga hari ini akan dibuka hari ini, Jumat (19/5/2017). Acara pembukaan digelar dengan Race Expo bagi peserta untuk mengambil Race Kit dan berkesempatan meraih Merchandise Triathlon edisi terbatas.

Pada hari yang sama, juga diadakan The Bintan Swim Classic, sebagai perlombaan untuk pemanasan bagi atlet yang bersaing keesokan harinya, yang dapat diikuti oleh Peserta Triathlon ataupun keluarganya.

Dukungan dan antusias dari teman dan keluarga di sekitar lapangan serta keramahan penonton di sekitar Bintan Resorts, adalah fitur lain dari Triathlon Bintan.

Anak-anak tetap dihibur di klub anak-anak dengan lukisan wajah, kolam busa, kuda poni dan lebih banyak lagi, sementara orang tuanya berlomba.

Hari Minggu merupakan hari terakhir event dan akan menampilkan balapan Kids, Youth and Fun Duo, di mana anak-anak berusia minimal enam tahun dapat menjadi pesertanya.

Editor: Udin