Bintan Resort Terima Penghargaan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Periode 2022-2025

Harjo Rabu, 28-09-2022 | 11:44 WIB Destinasi
BRC-Sandiaga.jpg GGM PT Bintan Resort Cakrawala, Abdul Wahab saat menerima piagam penghargaan Sertifikasi Destinasi Pariwisata Berkelanjutan dan Maklumat Pariwisata Berkelanjutan Periode 2022 - 2025 dari Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno pada event World Tourism Day 2022 dalam rangkaian pertemuan G20 di Bali, Selasa (27/9/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bintan Resort, destinasi pariwisata di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, sebagai Destinasi Pariwisata Berkelanjutan dan Maklumat Pariwisata Berkelanjutan Periode 2022 - 2025.

Penghargaan itu diserahkan secara Menteri Sandiaga pada event World Tourism Day 2022 dalam rangkaian pertemuan G20 di Bali, Selasa (27/9/2022).

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala, Abdul Wahab, memyampaikan Lembaga Sertifikasi Produk (LS-Pro) yang ditunjuk Kemenparekraf/Barekraf RI, telah melakukan proses verifikasi dan sertifikasi ke Kawasan Wisata Bintan Resorts, dengan hasil memenuhi syarat berdasarkan pedoman dan kriteria Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

Dijelaskan, rapat pleno dan Panel Reviewer Dewan Kepariwisataan Berkelanjutan Indonesia (ISTC) tersebut dilaksanakan pada 10 September 2022. Lembaga ini kemudian mempertimbangkan dan memutuskan penetapan pemberian penghargaan berdasarkan surveillance dan monitoring, asesmen lapangan dan verifikasi tim auditor.

Terpilihnya salah satu destinasi wisata terpadu yang terletak di Kabupaten Bintan ini, sebagai penerima penghargaan diawali dengan proses penilaian dan peninjauan oleh Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC). "Kriteria yang dinilai terintegrasi dalam empat standar pariwisata berkelanjutan yang terdiri dari pengelolaan berkelanjutan, keberlanjutan sosial-ekonomi, keberlanjutan budaya dan keberlanjutan lingkungan dengan melihat penerapan 175 kriteria yang telah ditetapkan mengikuti standar Internasional oleh Global Sustainable Tourism Council (GSTC)," jelas Abdul Wahab.

Lanjutnya, Bintan Resorts dalam aktivitas operasionalnya mengelola destinasi wisata di Pulau Bintan, telah memperhatikan dan menerapkan standar yang mendukung kepada keberlanjutan industri pariwisata, memberikan dampak sosial dan ekonomi.

"Semua hal tersebut dapat terselenggara dengan baik dan berkesinambungan dalam bentuk program-program, yang dalam pelaksanaannya selalu merujuk kepada kebijakan aturan dan didukung Pemerintah Kabupaten Bintan. Semua pelaku wisata, operator hotel, pemangku kepentingan, komunitas dan lain-lain baik yang ada di dalam maupun sekitar kawasan Bintan Resorts," terangnya.

PT BRC dan seluruh stakeholder sangat bangga dengan penghargaan yang diberikan, serta mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Bintan, yang telah banyak membantu dalam mengembangkan destinasi wisata di Bintan termasuk Bintan Resorts.

"Penghargaan tentunya akan menjadi daya dorong, bagi Bintan Resorts untuk semakin memberikan kualitas standar destinasi pariwisata yang unggul dan yang terbaik khususnya bagi Provinsi Kepulauan Riau dan Indonesia pada umumnya. Namun yang paling penting juga adalah tanggung jawab moral dalam mengelola pariwisata berkelanjutan yang memenuhi kebutuhan generasi saat ini, tanpa mengurangi terpenuhinya kebutuhan generasi di masa yang akan datang," tutup Abdul Wahab.

Editor: Gokli