Wisata Religi

Peringatan Nuzulul Quran Masuk dalam Event Wisata Batam di 2019

Hendra Mahyudi Jum\'at, 04-01-2019 | 13:28 WIB Event
museum-mtq11.jpg Museum MTQ Kota Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) agendakan peringatan Nuzulul Quran masuk dalam 114 event pariwisata di Batam untuk tahun 2019.

Tahun 2019 ini, pemerintah mulai mengagendakan wisata religi di kota yang juga terkanal dengan tanah Melayu Bertuah ini. Salah satunya adalah peringatan Nuzulul Quran yang telah masuk dalam agenda pariwisata untuk 2019.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, masuknya peringatan keagamaan yang dilakukan pada bulan puasa ini untuk memperkaya atraksi pariwisata yang ada di Batam.

"Dengan banyaknya atraksi ini semoga akan meningkatkan kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan asing (Singapuran dan Malaysia)," kata Ardiwinata, Jumat (4/1/2018).

Kendati begitu, Ardi belum bisa menjelaskan bagaimana teknis atraksi itu nantinya dijalankan, namun untuk perayaan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Batam akan menggelar peringatan itu menjadi salah satu atraksi wisata yang diperuntukan bagi masyarakat umum.

"Jelas Pemkot akan buat peringatannya (pemberitahuan), jadi mereka yang kebetulan berkunjung ke Batam bisa menikmati agenda yang kita laksanakan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Nuzulul Quran adalah peringatan hari turunnya Al-quran, kitab suci umat Islam. Peringatan ini dilaksanakan pada malam 17 Ramadhan setiap tahunnya.

Lanjutnya, selain agenda temporari Nuzulul Quran tersebut, Pemkot Batam juga menguatkan sisi destinasi. "Saat ini telah dibangun infrastruktur untuk mendukung destinasi yang ada, sembari membangun destinasi baru seperti Kebun Raya Batam (KRB), Pulau Putri, dan kawasan wisata lainnya," tutupnya.

Editor: Yudha