Koarmada I Juara Bertahan Internasional DBR Tanjungpinang 2018

Charles Sitompul Senin, 22-10-2018 | 10:52 WIB Event
dbr-2018.jpg Penutupan event Internasional Drgon Boat Race 2018 Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perhelatan tahunan olahraga Internasional Dragon Boat Race (DBR) Tanjungpinang 2018 secara resmi ditutup. Tim Dragon Boat Race Koarmada IA, berhasil mempertahankan gelar juara satu pada babak final Internasional DBR Tanjungpinang yang digelar di Perairan Sei Carang, Tanjungpinang pada Minggu (21/10/2018).

Perolehan juara I lomba International Dragon Boat Race Tanjungpinang oleh Koarmada IA ini merupakan yang ketiga kali, dalam tiga tahun internasional DBR Tanjungpinang.

Pada pertandingan final, Tim Koarmada IA berhasil mengalahkan Tim Koarmada IB, Batanghari Jambi I dan Tim MBJB Malaysia. Dengan kemenangan ketiga kalinya itu, Koarmada IA berhak atas Piala Gubernur Kepulauan Riau, piala tetap, piagam, serta uang tunai Rp50 juta.

Sementara Tim Koarmada IB yang meraih juara kedua mendapat piala tetap, piagam dan uang tunai sebesar Rp40 juta. Sedangkan Tim MBJB Malaysia dan Tim Batanghari Jambi I yang menempati juara 3 dan 4 masing-masing berhak atas piala tetap, piagam dan uang tunai masing-masing Rp25 juta dan Rp10 juta.

Pertandingan dibabak final berlangsung sengit. Angin yang berhembus cukup kencang dan awan yang mulai mendung tak menciutkan semangat para peserta.

Tabuhan drum band dan seruan setiap tim terdengar hingga ke area penonton. Kejar mengejar antar tim berlangsung sejak titik start. Bahkan, tim pemenang baru diketahui setelah keempat tim menyentuh titik finish.

Selain empat tim yang berlaga di babak final, terdapat empat tim yang berlaga untuk meraih juara harapan I hingga juara harapan IV. Juara harapan I diraih oleh Tim Batanghari Jambi 2, diikuti tim Jenawi Marinir 10 Batam, Sarolangun Jambi dan Dinas LHK Riau.

Keempat juara harapan ini berhak atas hadiah berupa piagam dan uang tunai masing-masing sebesar Rp8 juta, Rp7 juta Rp6 juta dan Rp4 juta.

Tak hanya itu, pada hari yang sama juga digelar babak final perahu kayak putra yang dimenangi Khairul Naim bin Zainal dari tim Kanu Putra Jaya Malaysia. Sementara Ratih Dwi dari Tim Koarmada I meraih gelar juara perahu kayak putri.

Juara perahu kayak putra dan putri ini berhak atas hadiah berupa piala, piagam dan uang tunai masing-masing sebesar Rp3,5 juta.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin mengungkapkan, kejuaraan kali ini lebih meriah dari tahun lalu. Setidaknya, hal ini terlihat dari jumlah peserta yang berlaga.

Tahun lalu, terdapat 38 tim yang berlaga, sementara tahun ini diikuti oleh 41 tim dari dalam maupun luar negeri.

Dari sebanyak 41 tim yang berlaga di 2018, tambah Raja, sebanyak 8 tim di antaranya berasal mancanegara, yakni lima tim dari Malaysia, dua tim dari Brunei Darussalam serta satu tim lainnya dari Singapura. Demikian juga dengan lomba kayak yang diikuti lebih banyak peserta ketimbang tahun lalu.

Sebelum menutup event tersebut, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul menyampaikan, event merupakan salah bentuk hubungan persahabatan antara daerah maupun negara luar. "Event international dapat menunjang prestasi, juga merupakan salah satu potensi nasional yang memiliki multiefek positif, seperti pengembangan kepariwisataan, industri olahraga, perekonomian di sektor rill, potensi pesisir dan kebaharian, serta peningkatan hubungan persaudaraan antar daerah maupun antar negara," katanya.

Lebih lanjut, Syahrul mengatakan, Pemerintah Kota Tanjungpang mengucapakan rasa bangganya dan termotivasi antusiesme masyarakat Kota Tanjungpinang maupun daerah lainnya.

"Event ini sudah menjadi salah satu kegiatan dalam kalender tahunan bertaraf internasional di Kota Tanjungpinang. Semoga tahun mendatang, kegiatan DBR ini juga dapat terlaksana dan bagi pengunjung yang datang semoga betah di Kota Tanjungpinang," tutur Syahrul.

Syahrul berharap ke depan, pelaksanaan International Dragon Boat ini, perlu dievaluasi, baik dari segi kualitas dan kuantitasnya, guna meningkatkan partisipasi daerah daerah lain untuk ikut serta pada ajang ini dan event ini semakin profesional dalam penyelenggaraannya.

Diakhir acara, Wali Kota berserta Asisten 1 Pemprov Kepri menyerahkan piala dan hadiah kepada pemenang. Hadiah doorparize juga diserahkan kepada pemenang lomba yel-yel, permainan rakyat dan lomba joget dangkong.

Editor: Gokli