Diikuti Ratusan Peserta, Ini Pemenang 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regata 2018

CR-17 Senin, 29-01-2018 | 14:02 WIB Event
lomba-kapal-layar11.jpg 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regata 2018. (Foto: Suci)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perairan Nongsa kembali diramaikan oleh kapal layar yang berlaga dalam event 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018. Event yang diselenggarakan oleh Nongsa Point Marina & Resort didukung penuh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kepri.

Berlangsung sejak tanggal 26 sampai dengan 28 Januari. Kegiatan yang juga merupakan agenda tahunan yang masuk dalam kalender event Dinas Pariwisata Batam dan juga Kepulauan Riau ini dihadiri oleh lebih dari 600 orang, terdiri dari peserta, penonton, supporter, tamu undangan dan juga media selama tiga hari pelaksanaannya.

Marina & Watersport Manager Nongsa Point Marina & Resort, Prakash Reddy, sekaligus ketua pelaksana event memaparkan bahwa resort ini sudah menjadi tempat penyelenggaraan event Singapore Strait Regatta selama lebih dari 20 tahun.

"Baru tiga tahun terakhir ini Nongsa Point Marina & Resort menjadi penyelenggara atau tuan rumah event internasional ini. Ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri karena untuk menyelenggarakan regatta dibutuhkan persiapan yang matang dan melibatkan banyak pihak," ujarnya.

Penyelenggara mengakui bahwa terselenggarannya event 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 ini tidak lepas dari kerjasama banyak pihak. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kepri serta PORLASI (Persatuan olah raga layar seluruh Indonesia) merupakan pihak yang memberikan dukungan dalam terselenggaranya kegiatan ini.

Baca: Nongsa Regatta 2018 Diikuti Peserta dari Eropa dan Amerika

"Bentuk support ini juga ditunjukan dengan hadirnya jajaran tinggi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kepri dalam tiga tahun penyelenggaraan event ini," lanjutnya.

Perlombaan sendiri dibagi menjadi 3 kategori yaitu Yacht, Dinghy, dan Radio Control Sailboats. Dimana perlombaan yacht diikuti oleh 9 tim yang pesertanya berasal dari Singapura, New Zeland, Amerika dan British. Sementara dinghy yang terdiri dari laser dan optimist diikuti oleh 30 peserta junior yang berasal dari Kepulauan Riau, Banten, Kalimantan Timur dan Terengganu Malaysia.

Selain dua kategori tersebut, tahun 2018 ini penyelenggara juga mengadakan perlombaan untuk kategori Radio Control Sailboat yang diikuti oleh 6 orang yang berasal dari Australia, Belanda dan Inggris.

Di tiga hari penyelenggaraannya, 9 yacht berlayar sejauh 2 mil dari marina menuju perairan Nongsa tempat dimana perlombaan diadakan.

Setelah pertandingan selama 3 hari, akhirnya kategori yacht dimenangkan oleh tim WAKA TERE disusul team Singapore Management University yaitu SMUVE di posisi kedua dan SMUMAD di posisi ketiga.

Sementara itu, dalam kategori dinghy, pertandingan dibagi menjadi 4 yaitu optimist putra, optimist putri, dan laser 4.7 putra, laser 4.7 putri. Optimis putra dimenangkan oleh Muh Faizuddin Bin Mohd Fauzi dari Terengganu- Malaysia, Optimist Putri dimenangkan oleh Dilla Adilya Safitri dari Kepri.

Untuk kategori Laser 4.7 Putra dimenangkan oleh Umar Al Farouk dari Terengganu --Malaysia dan Laser 4.7 Putri dimenangkan oleh Nur Atikah Binti Mohd Din dari Trengganu-- Malaysia. Cendera mata dan Piala di sumbangkan oleh Jotun, Adidas, dan Patria. Selain itu juga ada 2 tablet yang disumbangkan oleh pemilik yacht Vega.

Editor: Yudha