Kalamarta Jamu Bersama Melawa Premium Gelar Event Tradisional Lomba Minum Jamu

Aldy Sabtu, 27-01-2024 | 15:20 WIB Event
lomba-minum-jamu.jpg Kalamarta Jamu, bekerja sama dengan Melawa Premium Cafe menggelar event tradisional lomba minum jamu Batam, Sabtu (27/1/2024. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Salah satu brand atau merk jamu dari Pulau Jawa, Kalamarta Jamu, bekerja sama dengan Melawa Premium Cafe menggelar event tradisional lomba minum jamu Batam, Sabtu (27/1/2024.

Owner Kalamarta Jamu, Anita Fuad, mengungkapkan event ini digelar bertujuan untuk lebih memperkenalkan minuman tradisional Indonesia ke masyarakat luas. Menurutnya, event seperti ini baru pertama kali digelar, dan belum pernah ada produk jamu yang menggelar seperti ini.

Untuk itu, ia bersama Melawa Premium Cafe Bengkong menginisiasi kegiatan berupa event tradisional. Lomba minum jamu ini dikemas dengan dengan cara minum yang unik, peserta harus menghabiskan jamu dalam bentuk botol ukuran 250 ml, dengan menggunakan sedotan sepanjang lebih kurang 70 cm.

"Hampir 60 orang peserta, sekali tampil 5 peserta, kita ambil satu peserta yang tercepat, untuk dilombakan pada tahap selanjutnya," kata Anita.

Lanjut Anita, antusias peserta untuk mengikut lomba minum jamu sangat luar biasa. Hal ini membuatnya ingin menggelar event yang lebih besar lagi ke depannya.

"Kami inginnya event ini bisa terus berlanjut selain memperkenalkan minuman tradisional khas Indonesia, hal ini juga bisa mendorong jamu lebih terkenal lagi, terutama bagi wisman di Kota Batam," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, menyampaikan kegiatan ini akan membuat promosi jamu lebih dikenal. Batam sebagai kota destinasi wisatawan mancanegara (Wisman) berupaya menghadirkan event yang menarik dan mempertahankan sisi tradisional.

"Ini harus menjadi kegiatan yang berkelanjutan. Karena belum pernah dilaksanakan. Saya harap usai kegiatan ini, akan ada lomba minum jamu season berikutnya dengan jumlah peserta yang lebih banyak, dan kalau bisa ada dari wisman yang ikut," tambahnya.

Event tradisional merupakan salah satu poin dalam menggiring pariwisata di mata dunia. Untuk itu, kegiatan seperti ini sangat membantu dalam pengembangan wisata kuliner tradisional yang khas Indonesia.

"Kami pemerintah akan terus mendorong lahirnya event-event yang bersifat melestarikan budaya, hingga kuliner," tutupnya.

Editor: Gokli