Taman Wisata Terbuka Batu Lepe di Anambas Bisa Dinikmati Mulai Maret Depan

Fredy Silalahi Senin, 25-02-2019 | 09:52 WIB Destinasi
batu-lepe.jpg Taman Terbuka Batu Lepe di Desa Tarempa Timur, Anambas. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Ikon Wisata Taman Terbuka Batu Lepe di Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), yang dibagun secara swakelola oleh Medco dan Premier Oil, sudah bisa dinikmati wisatawan mulai Maret depan.

Saat ini, masyarakat belum diperbolehkan ke lokasi tersebut. Mengingat proses pembangunan belum rampung, sehingga ada larangan demi menghindari terjadinya kecelakaan.

Mengenai ikon wisata Taman Terbuka Batu Lepe ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas menunggu serah terima dari Medco E&P Ltd dan Premier Oil. Pasalnya, saat ini wisatawan lokal sangat antusias ingin menikmati taman terbuka tersebut.

"Kita masih menunggu serah terima dari Medco dan Premier Oil. Saat ini memang sudah masuk tahap akhir pembangunan, tetapi sudah banyak wisatawan lokal yang berkunjung. Karena belum selesai, saat ini wisatawan lokal belum bisa memanfaatkannya," kata Kadisparbud Anambas, Masykur, Jumat (22/2/2019).

Masykur menyampaikan, larangan wisatawan lokal agar tidak memasuki Taman Terbuka Batu Lepe untuk menghindari kecelakaan. Karena pagar taman terbuka tersebut masih dalam proses pembangunan.

"Khawatirnya di situ, sehingga wisatawan lokal diimbau tidak memasuki Taman Terbuka sebelum selesai dibangun. Apalagi motif kain cual khas Anambas pada dinding juga masih tahap pengerjaan, dikhawatirkan juga bisa mengganggu pekerjaan," terangnya.

Masykur menyambut baik kepedulian Medco dan Premier Oil yang peduli terhadap pembangunan sektor pariwisata di Anambas. Dia berharap, dengan berambahnya ikon wisata Anambas bisa meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

"Dengan bertambahnya ikon wisata Anambas, diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan asing ke Anambas," ucapnya.

Sementara, Senior Manager Relations & Security Medco E&P Natuna Ltd, Drajat Panjawi menguraikan, pihaknya berupaya mengembangkan potensi pariwisata Kepulauan Anambas. Salah satunya melalui pembangunan Taman Terbuka Batu Lepe di Desa Tarempa Timur.

"Kami berharap masyarakat atau wisatawan lokal bersabar hingga proses pembangunan rampung," ujar Drajat.

Drajat menambahkan selain menghadirkan keindahan alam, Taman Terbuka Batu Lepe ini juga akan dipercantik dengan mural motif kain cual khas Anambas.

"Medco E&P Natuna telah beroperasi di wilayah Provinsi Kepulauan Riau selama lebih dari 45 tahun. Sebagai perusahaan yang peduli terhadap potensi lokal, Medco E&P Natuna terus melakukan upaya positif untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian program tanggung jawab sosial yang terpusat pada empat pilar yaitu pendidikan, pemberdayaan ekonomi, infrastruktur, dan program sosial Budaya" terangnya.

Editor: Gokli