Begini Upaya Dispar Kepri Tingkatkan Kunjungan Wisman

Ismail Selasa, 03-04-2018 | 16:40 WIB Event
buralimar-lgi.jpg Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau terus mendorong tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terus pada angka yang baik setiap bulannya.

Kepala Dispar Kepri, Buralimar mengungkapkan, kerjasama antara pemerintah baik pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sudah terbangun dengan baik. Sehingga, pengembangan serta pelaksanaan pariwisata di Kepri bisa disenergikan dengan baik pula. Hal itu lah menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan iklim pariwisata hingga membuat lonjakan kunjungan wisman yang cukup baik.

"Alhamdulillah, ini berkat kerjasama penta helix dan rekan-rekan kabupaten kota. Kebersamaan dalam menyukseskan ivent dan strategi yg diterapkan mulai berhasil," ungkapnya, Selasa (3/4/2018).

Ia mengatakan, arah kebijakan pariwisata di Kepri saat ini sudah mulai bagus. Kebersamaan untuk memajukan daerah juga kelihatan dan terjalin dengan baik. Oleh karena itu, dengan komitmen tersebut setiap bulan angka kunjungan wisata ke Kepri dapat menembus diatas 200 ribu kunjungan.

Buralimar menambahkan, Kepri memiliki daya tarik di mata wisman Singapura, Malaysia dan lainnya. Daya tarik tersebut mulai dari sumber daya alam yang mumpuni, event olaharaga yang bagus, serta objek yang sangat menarik. Untuk itu, hal tersebut harus dijaga dengan baik dan ditingkatkan.

Kendati demikian, daya tarik tersebut pastinya tidak terlepas dari substansi akses yang mudah. Karenanya, akses transportasi untuk pintu masuk ke Kepri perlu lebih ditingkatkan lagi. Demi menjga daya tarik Kepri terhadap wisman.

"Untuk Tanjungpinang kita sudah koordinasi dengan Bandara RHF agar akses penerbangan Internasionalnya rutin dan regules. Kita berharap agar proses tersebut dipercepat agar mempermudah akses wisman menuju Tanjungpnang dan Bintan," kata Buralimar.

Selain itu, ia juga menyarankan kepada setiap Kabupaten/Kota agar ivent yang dibuat lebih menarik. Paling tidak, pembukaan dan penutupanya harus spektakuler. Agar yang menikmati event tersebut bukan hanya orang lokal saja, namun mengundang minat dari wisman.

"Dan yang tak kalah penting promosi. Percuma saja ivent yang bagus tanpa promosi yang gencar. Untuk itu, kita perlu kerjasama dengan penta helix tadi," tutupnya.

Editor: Yudha