BP Batam Gelar Festival Budaya Nusantara

Irwan Hirzal Sabtu, 02-12-2017 | 15:14 WIB Event
andiantono1.gif Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menggelar festival budaya bersekala internasional bertajuk BP Batam International Culture Carnival 2017 pada Sabtu (16/12/2017) di Jalan Imam Bonjol, Nagoya Batam.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan festival ini bertujuan untuk memeriahkan dan memperingati ultah kota Batam ke-188.

"Selain itu ya untuk menggairahkan ekonomi dan juga untuk menarik turis asing di penghujung tahun," ujar Purnomo.

Nantinya dalam festival yang akan digelar dari pukul 13.00 WIB hingga 23.00 WIB ini. Andi menyebut festival ini akan diisi oleh kegiatan budaya dari seluruh nusantara. Konsepnya mirip dengan festival budaya yang tiap juga digelar di Jember, Jawa Timur.

"Yang diundang adalah seniman karnaval dari Indonesia dan juga mancanegara," tegasnya.

Adapun parade karnaval yang akan ditampilkan antara lain parade karnaval Sangsapurba, Tepak Sirih, Regalia atau Cogan, Makyong, Jong, Seafood Paradise dan parade kesenian nusantara. "Festival ini juga akan diisi oleh tari-tarian Melayu dan sejumlah tarian nusantara lainnya," ujarnya.

Tari-tarian tersebut antara lain tari Ogoh-Ogoh Bali, tari Topeng Ireng Magelang, tari Tor-Tor Sumatera Utara, Ondel Ondel Betawi, tari Tempurung Sumatera Barat, tari Dayak, tari Bugis, tari Gending Sriwijaya dan tari Papua. Festival ini juga akan dimeriahkan oleh kesenian modern, seperti fire juggling, tarian api, tarian Brazil, Belly Dance,kontes body painting, kompetisi bartender, Batam Guitar Family, BBDC Bassline, BJS Big Band, Erio Hutomo, Yemercy, Beungeud, Batam Hip Hop, 3D Mapping, Road Root dan Senja Jingga.

"Dan terakhir akan dihiasi juga dengan performa dari Iyeth Bustami, DJ Maria Potapova dari Rusia, Marching Band Bahana Barelang dan Art Weart Fashion parade kain nusantara," pungkasnya.

Editor: Yudha